4 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Negosiasi Gaji

Saat melakukan interview kerja, negosiasi gaji adalah salah satu tahapan yang penting dan menjadi penentu apakah Anda memutuskan untuk menjadi karyawan di perusahaan tersebut atau mencoba mencari kesempatan di perusahaan lain. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar negosiasi penting ini berjalan dengan sukses dan membuat Anda puas.

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Semua orang pasti ingin gaji yang sesuai dengan yang diinginkan. Namun apakah nominal tersebut sudah sesuai dengan standar gaji karyawan di bidang tersebut? Itulah sebabnya penting bagi kita untuk melakukan riset terlebih dahulu. Ketahuilah kisaran gaji yang menjadi standar di kebanyakan perusahaan pada bidang atau jabatan yang Anda lamar. Anda bisa mencari informasi ini dari teman dan kolega Anda yang satu bidang dengan Anda atau bisa juga mencari informasi tersebut melalui internet.

2. Lebih Fokus pada Kemampuan Anda

Dalam negosiasi gaji jangan hanya fokus pada urusan gaji semata karena ketimbang bicara nominal gaji yang akan Anda dapatkan, lebih baik jika Anda lebih fokus dan membicarakan tentang kemampuan Anda. Dalam negosiasi, tunjukan keahlian apa yang Anda punya kepada pihak perusahaan. Jika memang Anda berkualitas, maka perusahaan apapun akan lebih yakin dan akan memberikan Anda gaji yang tinggi.

3. Mengetahui Batas Terendah

Sebelum melakukan negosiasi, ada dua hal yang harus dipikirkan, yaitu jumlah gaji yang Anda inginkan dan satu lagi adalah batas terendahnya. Gaji yang Anda inginkan merupakan jumlah yang menurut Anda masuk akal, dengan melihat latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang Anda miliki. Dan batas terendah adalah jumlah gaji yang masih bisa membuat Anda merasa puas dengan jumlah terendah tersebut.

4. Jangan Pernah Berbohong

Berbohong soal gaji sebelumnya mungkin adalah salah satu hal yang sangat menggoda saat negosiasi gaji. Namun hal ini sebenarnya sangat berisiko. Katakan saja sejujurnya berapa gaji Anda sebelumnya dan katakan kepada perusahaan yang saat ini Anda lamar bahwa Anda mengharapkan kenaikan gaji yang signikan. Katakan pula bahwa Anda ingin kenaikan gaji yang signifikan karena Anda memiliki pengalaman yang bisa membantu perusahaan untuk menjadi lebih baik.

Semoga 4 hal di atas bisa membantu Anda ketika menjalani negosiasi gaji dengan perusahaan yang Anda lamar dan gaji yang Anda terima nantinya sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

shares