5 Keuntungan dari Strategi Marketing Melalui Pameran atau Event

Pemasaran melalui Pameran

Salah satu strategi marketing atau teknik pemasaran yang sangat sering dilakukan untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa adalah dengan mengikuti sebuah pameran. Strategi mengikuti event atau pameran ini banyak dimanfaatkan oleh pebisnis untuk memperkenalkan produk atau jasa yang mereka produksi atau jual, dan juga untuk menaikkan tingkat penjualan produk dengan cara menggaet orang-orang yang mengunjungi pameran tersebut sebanyak mungkin.

Semakin banyaknya event pameran, baik yang diadakan oleh pemerintah maupun oleh swasta, memberikan keuntungan yang besar untuk para pelaku usaha, baik yang kecil maupun yang besar. Untuk pelaku usaha kecil, kesulitan dalam memasarkan produk adalah salah satu kendala yang bisa diatasi dengan mengikuti sebuah pameran.

Dengan mengikuti pameran, mereka yang memiliki modal relatif kecil bisa mempromosikan produk atau hjasa mereka langsung kepada konsumen dan melihat peluang pasar untuk produk dan jasa mereka. Berikut adalah keuntungan mengikuti pameran untuk perkembangan usaha Anda.

1. Sarana Memperkenalkan Produk atau Jasa Baru

Pameran bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk atau jasa baru, sehingga produk baru yang ingin kita pasarkan akan mulai dikenal oleh banyak orang di area tersebut. Dalam pameran tersebut, produsen bisa memperkenalkannya lebih dekat dengan memberi contoh produk, kumpulan video lucu, memberi brosur atau kartu nama perusahaan. Makin luas dikenal maka kemungkinan mendapat hasil yang maksimal akan lebih terbuka.

2. Memperkenalkan Inovasi Baru dalam Sebuah Produk

Selain memperkenalkan produk baru, pameran juga bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan inovasi baru dalam sebuah produk yang sudah mulai banyak diketahui oleh masyarakat luas. Dengan mengikuti pameran, masyarakat luas menjadi tahu bahwa ada beberapa inovasi yang produsen lakukan agar produk tersebut menjadi lebih baik.

3. Citra Perusahaan akan Menjadi Lebih Kuat

Produk yang sudah dikenal luas dan sudah bisa diterima oleh pasar akan lebih baik jika mengikuti sebuah pameran. Citra perusahaan, yang merupakan produsen sebuah produk, akan lebih kuat di mata konsumen. Kita bisa menunjukkan kepada konsumen bahwa perusahaan kita memiliki eksistensi yang kuar dan selalu berupaya memberi pelayanan terbaik.

4. Mengetahui Berbagai Informasi Penting Para Pesaing

Biasanya, pameran diikuti oleh banyak perusahaan dan produsen. Tidak menutup kemungkinan, pesaing perusahaan kita juga mengikuti pameran yang sama dengan perusahaan kita. Dari pameran ini kita bisa mengetahui berbagai informasi penting tentang perusahaan pesaing, dari mulai apa produk unggulan mereka, harga produk, atau cukup sekedar mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis dari perusahaan pesaing tersebut.

5. Kualitas SDM dan Teamwork Akan Meningkat

Dengan ikut dalam sebuah pameran, kita bisa mengetahui dan menilai kualitas SDM di dalam perusahaan kita miliki. Selama pameran kita bisa melihat seberapa baiknya para marketing dalam menarik pengunjung pameran untuk membeli produk yang kita tawarkan. Jika masih ada kekurangan, kita bisa segera memperbaikinya dan akhirnya kualitas SDM dan teamwork bisa ditingkatkan.

Nah, itulah lima keuntungan nilai tambah yang bisa kita dapatkan dari strategi pemasaran yang dilakukan melalui event, exhibition, atau pameran.

shares