Ini Dia Strategi Jitu Untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi meningkatkan penjualan

Jika Anda berpikir produk berkualitas saja sudah cukup untuk mendongkrak penjualan produk maka Anda salah. Banyak faktor lain yang menentukan sukses tidaknya penjualan suatu produk. Berikut adalah beberapa strategi jitu yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan.

Kenali Produk yang Akan Anda Jual

Sebagai produsen sudah pasti Anda adalah orang pertama yang tahu dengan detail tentang poduk yang Anda jual. Ketahui dengan pasti kelebihan dan kekurangan produk tersebut, fitur apa saja yang ada, apa yang bisa dikembangkan dan kendala yang mungkin akan terjadi saat produk Anda dijual di pasaran. Jadi, sebelum Anda gencar promosi, Anda sudah tahu dengan baik produk yang akan dijual dan pengetahuan Anda tentang produk tersebut tentu akan membuat pelanggan lebih tertarik untu membelinya.

Buat Prosedur Pembelian yang Mudah

Calon konsumen jangan dipersulit dengan hal-hal teknis yang sebenarnya tidak penting ketika akan membeli produk Anda. Mempersulit calon konsumen tidak hanya menghambat proses pembelian produk tapi juga malah akan calon konsumen tersebut menjadi enggan membeli produk tersebut. Agar calon pembeli mendapat keleluasaan dalam membeli produk Anda, berikan beberapa opsi prosedur pembelian, seperti menerima pembayaran dengan cara transfer dan debit card.

Buat Promosi yang Efektif dan Tepat Sasaran

Jangan hanya melakukan promosi yang gencar tapi buatlah promosi yang efektif dan tetap sasaran. Sebelum berpromosi, tentukan dahulu segmen pasar apa yang Anda bidik baru kemudian pilih alat promosi yang paling efektif agar bisa menembus pasar yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Jadi hindari pemborosan, baik biaya maupun energi, untuk promosi yang gencar namun salah sasaran. Buat promosi tersebut menembus langsung ke segmen pelanggan yang Anda bidik.

Kembangkan Secara Berkelanjutan Fitur Pada Produk Anda

Teruslah mengembangkan fitur produk yang Anda jual ke pasaran, seperti meningkatkan ketangguhan atau fungsi dari produk yang Anda jual. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan melihat apa kekuatan pesaing, pelajari, kemudian terapkan kekuatan produk pesaing tesebut dalam produk yang kita jual.

Ketahui Strategi Pesaing Produk Anda

Anda harus ingat bahwa Anda sudah pasti tidak sendirian bertarung karena banyak pesaing yang mungkin sudah lebih dahulu masuk ke dalam pasar. Kenali dan ketahui pesaing dengan detail dan lakukan strategi terbaik yang Anda miliki agar penjualan produk Anda bisa mengalahkan, atau paling tidak bersaing, dengan produk dari para pesaing.

Lakukan Inovasi Produk Anda Secara Terus-Menerus

Setiap bisnis pasti memiliki pesaing yang akan terus memonitor usaha Anda. Terkadang banyak juga pendatang baru yang ingin mengimitasi produk Anda dengan menjual barang tersebut dengan lebih murah. Kunci dari keberhasilan bisnis yang stabil ada di inovasi. Jika Anda merasa bingung dengan bagaimana caranya melakukan inovasi, maka hal yang paling mudah Anda lakukan adalah mengamati konsumen Anda yang sudah ada. Ajukan pertanyaan, apa keluhan mereka, masukan apa yang paling sering Anda terima dari konsumen. Kemudian, perhatikan kompetitor Anda. Kekurangan apa yang mereka miliki yang bisa Anda masukan ke dalam produk Anda sebagai nilai tambah.

Dengan melakukan beberapa hal-hal ini, maka bisnis dan perusahaan akan bisa terus melaju dengan penjualan yang terus meningkat, walaupun dengan kondisi semakin banyaknya kompetisi yang berdatangan.

shares